Daya ledak otot dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk mempergunakan kekuatan maksimum yang dikerahkan dalam waktu yang sependek-pendeknya. Sedangkan daya ledak yang dimaksud dalam penelitian ini adalah daya ledak otot tungkai dalam melakukan lari jarak pendek atau sprint.

Daya ledak adalah kemampuan seseorang untuk mempergunakan kekuatan maksimum dalam waktu yang singkat dan kontraksi yang cepat. Untuk

mendapatkan tolakan yang kuat dan kecepatan yang tinggi harus memiliki daya ledak yang besar (Jumiyatun. 2005: 35). Jadi daya ledak otot tungkai sebagai tenaga tolakan pada saat melakukan lari untuk memperoleh kecepatan maksimal, sehingga mempercepat waktu hasil lari.

Dalam nomor lari jarak pendek atau sprint, tungkai merupakan alat gerak utama untuk menunjang dalam usaha memindahkan tubuh mulai dan start sampai finish dalam waktu sesingkat mungkin. Radcliffe dan Fanentinos (1986) menyatakan bahwa kelompok otot tungkai merupakan daya gerak utama dalam cabang olahraga yang melibatkan gerakan kaki. Untuk dapat melakukan gerak, diperlukan adanya energi mekanik yang diperoleh sebagai hasil proses pembentukan energi melalui proses kimia dalam tubuh. Terjadinya gerakan disebabkan berkontraksinya otot atau sekelompok otot dalam mengatasi hambatan atau beban. Beban tersebut dapat berupa berat tubuh sendiri seperti halnya dalam lari jarak pendek atau sprint, atau benda diluar tubuh yang digunakan dalam aktifitas olahraga tersebut (Mulyanto. 2005: 151).

Daftar Rujukan:

Jumiyatun. 2005. Pengaruh Latihan Naik Turun Bangku Tumpuan Satu Kaki Bergantian Dengan Dua Kaki Terhadap Hasil Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Putra Kelas V, Vi Sd Kalisidi 03 Ungaran Tahun Pelajaran 2004/2005. Semarang.

Mulyanto Taufik Yudi. Jurnal Iptek Olahraga, Vol.7, No.3, September 2005: 143-159. Metode Latihan Lari Cepat 100 Meter.

About these ads

About Saifur

Pelajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s