Hakekat Bolavoli

           Bola voli adalah olahraga permainan yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain. Olahraga Bola Voli dinaungi FIVB (Federation Internationale de Volleyball) sebagai induk organisasi internasional, sedangkan di Indonesia di naungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) (Wikipedia Bahasa Indonesia, 2011).

Ukuran lapangan bola voli yang umum adalah berukuran 9 meter x 18 meter. Ukuran tinggi net putra 2.43 meter dan untuk net putri 2.24 meter. Garis batas penyerangan untuk pemain belakang, jarak 3 meter dari garis tengah ( sejajar dengan net ). Untuk ukuran garis tepi lapangan adalah 5 cm (che_3z. de-kill.blogspot.com, 2009).

Sejarah Bolavoli

Permainan bolavoli sudah dikenal sejak abad pertengahan, terutama di Negara-negara Eropa. Dari Italia permainan ini diperkenalkan di Jerman dengan nama “Faustball” pada tahun 1893. Faustball menggunakan lapangan berukuran 20 m x 50 m, sedangkan sebagai pemisah lapangan dipergunakan tali yang tingginya 2 m dari lantai. Bola yang dipakai pada waktu itu mempunyai keliling 10 cm. jumlah pemain masing-masing regu terdiri dari lima orang. Cara memainkannya adalah dengan memantul-mantulkan bola di udara melewati tali tanpa adanya batas sentuhan. Bola diperbolehkan menyentuh lantai sebanyak dua kali (Ahmadi, 2007).

Seiring dengan berkembangnya zaman permainan bolavoli modern pun mulai dikembangkan di Inggris pada tahun 1914. Dari sini permainan ini mulai mulai menjalar kedaratan Eropa. Pada permulaannya, bolavoli di Eropa Barat maupun Eropa Timur hanya dimainkan oleh anggota-anggota angkatan bersenjata Negara-negara tersebut saja atau oleh mereka yang berkecimpung di kalangan YMCA. Namun, lambat laun permainan impor ini mendapatkan pasaran pula di dalam kalangan masyarakat biasa.

Negara yang mulai mengenal permainan bolavoli yaitu, Belanda (1925), Belgia (1930), Bulgaria (1950), Hongaria (1946), Inggris (1955), Italia (1918), Norwegia (1936), Perancis (1917-1918), Portugal (1930), Rusia (1926), Republik Ceko (1924), Yugoslavia (1924).

Sedangkan di Indonesia, cabang olahraga ini sebenarnya sudah dikenal sejak masa kolonial Hindia Belanda, tepatnya tahun 1928. Dibawa ke Indonesia oleh para guru Pendidikan Jasmani Belanda, yang bertugas di sekolah-sekolah lanjutan (HBS dan ABS). akan tetapi pada waktu itu permainan bolavoli belum mendapat tempat di hati masyarakat.

Pada tanggal 22 januari 1955, terselenggaralah suatu rapat pembentukan Induk Organisasi Bolavoli di Stadion Ikada Jakarta. Maka sejak itu, tanggal 22 januari 1955 secara resmi menjadi hari lahir Persatuan Bolavoli Seluruh Indonesia yang disingkat “PBVSI”.

Persatuan Bolavoli Seluruh Indonesia sebagai Induk Organisasi Bolavoli tertinggi di Tanah air dan disahkan oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI), tepatnya bulan Maret 1955.

Teknik Dasar Keterampilan Bermain Bolavoli

            Permainan bolavoli merupakan suatu permainan yang kompleks yang tidak mudah dilakukan setiap orang. Sebab, dalam permainan bolavoli dibutuhkan koordinasi gerak yang benar-benar bisa diandalkan untuk melakukan semua gerakan yang ada dalam permainan bolavoli.

Dalam permainan bolavoli ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai. Teknik-teknik dalam permainan bolavoli terdiri atas servis, passing bawah, passing atas, block, dan smash.

Servis

            Servis adalah pukulan bola yang dilakukan dari belakang garis akhir lapangan permainan melampaui net ke daerah lawan. Pukulan servis dilakukan pada permulaan dan setelah terjadinya setiap kesalahan. Karena pukulan servis berperan besar untuk memperoleh poin, maka pukulan servis harus:

  • Meyakinkan
  • Terarah
  • Keras
  • Menyulitkan lawan

Ada beberapa jenis servis dalam permainan bolavoli, di antaranya servis tangan bawah (underhand sevice), servis tangan samping (side hand service), service atas kepala (over head service), service mengambang (floating service), servis topspin, dan servis loncat (jump service). Prioritas dalam melakukan servis adalah menyeberangkan bola melewati net setiap kali servis.

Passing

Passing adalah upaya seorang pemain dengan menggunakan suatu teknik tertentu untuk mengoperkan bola yang dimainkan kepada teman seregunya untuk dimainkan di lapangan sendiri. Sedangkan Set-up atau umpan adalah suatu usaha atau upaya seorang pemain bolavoli dengan menggunakan suatu teknik tertentu yang memiliki tujuan menyajikan bola yang dimainkannya kepada teman seregu yang selanjutnya dapat melakukan serangan (smash) terhadap regu lawan. Dalam permainan bolavoli passing dapat dilakukan dengan cara passing bawah dan passing atas.

Passing bawah

            Memainkan bola dengan sisi dalam lengan bawah merupakan teknik bermain yang cukup penting. Kegunaan teknik lengan bawah antara lain:

  • Untuk penerimaan bola servis
  • Untuk penerimaan bola dari lawan yang berupa serangan/smash
  • Untuk pengambilan bola setelah terjadi block atau bola dari pantulan net
  • Untuk menyelamatkan bola yang kadang-kadang terpental jauh di luar lapangan permainan
  • Untuk pengambilan bola yang rendah dan mendadak datangnya.

Passing atas

                        Cara melakukan teknik passing atas adalah jari-jari tangan terbuka lebar dan kedua tangan membentuk mangkuk hamper saling berhadapan. Sebelum menyentuh bola, lutut sedikit ditekuk hingga tangan berada di muka setinggi hidung. Sudut antara sikut dan badan kurang lebih 45o. bola disentuhkan dengan cara meluruskan kedua kaki dengan lengan. Sikap pergelangan kaki dengan lengan tidak berubah.

  • Persiapan

a. Bergerak kearah datangnya bola, tepat di bawahnya.

b. Siapkan posisi.

c. Bahu sejajar sasaran.

d. Kaki merenggang santai.

e. Bengkokkan sedikit lengan, kaki dan pinggul.

f. Tahan tangan 6 atau 8 inci di depan pelipis.

g. Tahan tangan di depan pelipis.

h. Melihat melalui jendela yang dibentuk tangan.

i. Ikuti bola kesasaran.

  • Pelaksanaan

a. Terima bola pada bagian belakang bawah.

b. Terima degan dua persendian teratas dari jari dan ibu jari.

c. Luruskan lengan dan kaki kearah sasaran.

d. Pindahkan berat badan kea rah sasaran.

e. Arahkan bola sesuai ketinggian yang diinginkan.

f. Arahkan bola ke garis pinggir atau ke tangan penyerang.

  • Gerakan lanjutan

a. Luruskan tangan sepenuhnya.

b. Arahkan bola kesasaran.

c. Pinggul bergerak maju ke arah sasaran.

d. Pindahkan berat badan ke arah sasaran.

e. Bergerak ke arah umpan.

Blocking (Bendungan)

                  Block merupakan benteng pertahanan yang utama untuk menangkis serangan lawan. Jika ditinjau dari teknik gerakan, block bukanlah merupakan teknik yang sulit. Namun persentase keberhasialan suatu block relatif kecil karena arah bola smash yang akan diblock, di kendalikan oleh lawan. Keberhasilan block ditentukan oleh ketinggian loncatan dan jangkauan tangan pada bolayang sedang dipukul lawan. Block dapat dilakukan dengan pergerakan tangan aktif (saat melakukan block tangan digerakkan ke kanan maupun ke kiri) atau juga pasif (tangan pemain hanya dijulurkan ke atas tanpa digerakkan). Block dapat dilakukan oleh satu, dua, atau tiga pemain.

Smash

Pukulan keras atau smash, di sebut juga spike merupakan bentuk serangan yang paling banyak dipergunakan dalam upaya memperoleh nilai oleh suatu tim. Smash mempunyai beberapa macam variasi. Smash adalah pukulan bola yang keras dari atas ke bawah, jalannya bola menukik.

2.4 Urutan Gerakan Keterampilan Passing Bawah Bolavoli

Berikut tahap-tahap dalam melaksanakan passing bawah menurut (Ahmadi, 2007: 23) yaitu sebagai berikut:

  • Persiapan

a. bergerak kearah datangnya bola dan atur posisi tubuh

b. genggam jemari tangan

c. kaki dalam posisi meregang dengan santai selebar bahu

d. tekuk lutut dan tahan tubuh dalam posisi rendah

e. bentuk landasan dengan lengan

f. sikut terkunci

g. lengan sejajar dengan paha

h. pinggang lurus

  • Pelaksanaan

a. terima bola di depan badan

b. kaki sedikit diulurkan

c. berat badan dialihkan ke depan

d. pukulah bola jauh dari badan

e. pinggul bergerak kedepan

f. perhatikan perkenaan bola saat menyentuh lengan. Perkenaan pada lengan bagian dalam pada permukaan yang luas di antara pergelangan tangan dan siku.

  • Gerakan lanjutan

a. jari tangan tetap digenggam

b. sikut tetap terkunci

c. landasan mengikuti bola ke sasaran

d. pindahkan berat badan ke arahkan sasaran

e. perhatikan bola bergerak ke sasaran.

2.5 Teknik Pembelajaran Passing Bawah Bolavoli

Dalam belajar bolavoli khususnya passing bawah dapat dilakukan dengan berbagai model latihan, hal ini untuk mempermudah siswa ataupun seseorang dalam belajar passing bawah. Model latihan menurut (Rizal, 2009) tersebut yaitu:

a. Model latihan I

Latihan tanpa bola, jadi pertama Sikap badan membungkuk kaki dibuka dan lutut sedikit ditekuk, kemudian lengan dirapatkan satu dengan yang lain saling berpegangan, dan selanjutnya gerakan tangan diayun ke atas dan ke bawah.

b. Model latihan II

Melambungkan bola dan membiarkan bola jatuh pada lengan yang dirapatkan dan diluruskan. Lakukanlah sambil berjalan maju.

c. Model latihan III

Melakukan passing bawah dengan sikap duduk dilantai dan bola dilambungkan teman. Latihan dilakukan dengan berpasangan.

d. Model latihan IV

Melakukan passing bawah melalui atas net/tali yag dipasang melintang secara berpasangan atau membentuk formasi berbanjar ke belakang. Pertama bola dilambung teman dan kemudian dilanjutkan dengan passing bawah langsung (bola tanpa dilambung teman).

e. Model latihan V

Bermain pada lapangan kecil akan tetapi hanya menggunakan teknik passing bawah saja. Dalam permainan ini bisa dimainkan oleh 2, 3, 4 orang dalam setiap timnya. Jadi pada saat menerima bola harus menggunakan passing bawah.

About Saifur

Pelajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s