RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

 

Sekolah                       :

 

Mata Pelajaran            : Pendidikan Jasmani dan Kesehatan

 

Kelas/Semester            : XII/I

 

Standar Kompetensi   : 3. Mempraktikkan rangkaian gerak senam ketangkasan dengan

konsep yang benar dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

 

Kompetensi Dasar       :3.1 Mempraktikkan keterampilan gerakan kombinasi rangkaian

senam lantai serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab

dan menghargai teman.

 

Materi Pokok               :  Senam lantai (salto ke belakang)

 

Indikator                     :

  1. Melakukan gerakan salto ke belakang secara bertahap
  2. Melakukan rangkaian gerak salto belakang
  3. Melakukan rangkaian gerak salto ke belakang dengan percaya diri
  4. Melakukan rangkaian gerak salto ke belakang dengan penuh tanggungjawab
  5. Melakukan rangkaian gerak salto ke belakang dengan kerjasama dan menghargai teman
  6. Mengetahui dan memahami konsep dasar salto ke belakang.

 

Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit

 

A.  Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa dapat melakukan gerakan salto ke belakang secara bertahap dengan benar.
  2. Siswa dapat melakukan rangkaian gerak salto ke belakang dengan benar
  3. Siswa dapat melakukan rangkaian gerak salto ke belakang dengan percaya diri
  4. Siswa dapat melakukan rangkaian gerak salto ke belakang dengan penuh tanggungjawab
  5. Siswa dapat melakukan rangkaian gerak salto ke belakang dengan saling kerjasama dan menghargai teman
  6. Siswa dapat mengetahui dan memahami konsep dasar salto ke belakang

 

B. Materi Pembelajaran

  1. Melakukan gerakan guling ke belakang di atas matras.
  2. Melakukan gerakan sikap awal tahapan salto ke belakang.
  3. Melakukan gerakan menjatuhkan badan ke belakang di atas peti lompat ke arah matras.
  4. Melakukan gerakan menjatuhkan badan kebelakang di atas peti lompat kearah matras dengan tolakan dan lentingan.
  5. Melakukan salto ke belakang dari atas peti lompat ke arah matras dengan bantuan pengikat pinggang.
  6. Melakukan salto ke belakang dari atas peti lompat ke arah matras.
  7. Melakukan salto ke belakang di atas matras.

C. Metode Pembelajaran

  1. Ceramah
  2. Demontrasi
  3. Penugasan

 

D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

 

I.  Pendahuluan

  1. Pembukaan: berbaris, berdoa, membuka kelas
  2. Seluruh siswa berbaris dan dibagi 2 kelompok
  3. Masing-masing kelompok menghadapi 2 matras
  4. Masing-masing siswa melakukan gerak berguling ke belakang di atas matras dengan bantuan teman, kemudian dilanjutkan tanpa bantuan teman
  5. Latihan dilakukan berulang-ulang.

II. Materi Inti

  1. Tahap Persiapan:
  • Sikap berdiri.
  • Pandangan kearah depan.
  • Melakukan sikap awal tahapan gerak salto ke belakang.
  1. Tahap Gerakan:
    1. Menjatuhkan badan kebelakang di atas peti lompat (berdiri di ujung peti) kearah matras.
    2. Menjatuhkan badan kebelakang di atas peti lompat (berdiri di ujung peti) kearah matras dengan tolakan dan lentingan.
    3. Menggunakan pengikat pinggang dan dibantu oleh dua orang, siswa melakukan loncat-loncatan di tempat dua atas kaki. Diselingi satu loncatan tinggi keatas dengan menarik kedua lutut rapat ke dada dengan kedua tangan memeluknya. Perhatikan: badan siswa tidak membungkuk, namun kedua lutut yang merapat ke dada.

 

  1. Menggunakan pengikat pinggang dan dibantu oleh dua orang, siswa melakukan salto ke belakang dari atas petilompat (berdiri di ujung peti dengan tolakan dari ke dua lutut yang agak di bengkokkan dan ayunan ke dua tangan ke atas balakang). Pembantu menahan atau menangkap siswa di udara agak lama dan menahannya di lantai.

 

 

 

  1. Melakukan seperti latihan 4 di atas matras secara berulang-ulang hingga pembantu merasa ringan, siswa meloncat tinggi dan mengguling ke belakang dengan penuh.

 

  1. Melakukan latihan 5, tanpa tali pengikat dan dibantu oleh satu teman. Pembantu hanya mengankat dan menolak panggul siswa ke belakang pada saat siswa di udara.

 

 

  1. Bagi siswa yang loncatan ke atas kurang tinggi maka dapat melakukan latihan 4 tanpa tali pengikat dan dibantu oleh satu orang. Latihan tersebut dapat dilanjutkan tanpa bantuan. Demikian selanjutnya dapat dilakukan diatas lantai.

 

  1. GerakanAkhir:
  • Berdiri dengan kedua kaki agak rapat
  • Pandangan kedepan

III. Penutup

  1. Siswa dibariskan dan diistirahatkan lalu memberikan kesempatan untuk bertanya tentang materi yang diberikan oleh guru.
  2. Siswa melakukan cooling down.
  3. Guru memberikan evaluasi tentang  jalannya pembelajaran dan memberikan tugas kepada siswa.

E. SumberBelajar    

Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan untuk SMA Kelas XII. Jakarta: Erlangga.

F. Penilaian    :

 

-        Tes unjuk kerja (psikomotor):

Melakukan gerakan salto ke belakang dengan teknik yang benar. Berilah tanda cek (Ö) pada kolom yang sudah disediakan, setiap perilaku sesuai dengan yang diharapkan mendapat nilai 1.

 

 

 

 

 

 

 

-        Tes sikap (afektif)

Memainkan salto ke belakang dan menunjukkan perilaku sportif. Jika peserta ujian telah menunjukkan perilaku yang diharapkan berilah tanda cek (Ö) pada kolom yang sudah disediakan dan setiap perilaku sesuai dengan yang diharapkan mendapat nilai 1.

 

 

 

 

 

 

-        Tes pengetahuan (kognitif)

Menjawab pertanyaan secara lisan tentang materi yang telah disampaikan. Berilah tanda cek (Ö) pada kolom yang sudah disediakan sesuai dengan kualitas jawaban peserta ujian, rentang nilai antara 1-4.

 

 

 

 

 

 

Nilaiakhir yang diperolehsiswa=

Nilai tes psikomotor + nilai observasi + nilai kognitif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A. RUBRIK PENILAIAN UNTUK PSIKOMOTOR

 

No

Nama Siswa

 

Skor

 

Nilai

   

A

B

C

D

E

 
1              
2              
3              
             

Keterangan:

  1. Sikap awal, pandangan ke depan.
  2. Melakukan tolakan dengan kedua kaki.
  3. Saat melakukan lompatan posisi kaki rapat.
  4. Kedua paha dirapatkan ke dada lompatan.
  5. Saat pendaratan berdiri dengan kedua kaki.

 

B. RUBRIK PENILAIAN UNTUK AFEKTIF

 

No

Nama Siswa

 

Skor

 

Nilai

   

A

B

C

 
1          
2          
3          
         

Keterangan:

  1. Dapat bekerja sama dengan teman satu kelompok.
  2. Menunjukkan sikap sungguh-sungguh saat melakukan salto kedepan.
  3. Menghargai temannya.

 

C. RUBRIK PENILAIAN UNTUK KOGNITIF

No

Nama Siswa

 

Skor

 

Nilai

   

A

B

C

D

 
    1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4  
1                                    
2                                    
3                                    
                                   

 

Keterangan:

  1. Sebutkan gerakan sikap awal dalam melakukan salto ke belakang?
  2. Sebutkan gerakan saat melakukan salto ke belakang?
  3. Sebutkan gerakan sikap akhir pada saat salto ke belakang?

 

Malang, April 2011

Guru pengajar,

 

_____________

About these ads

About Saifur

Pelajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s