PENGERTIAN KINESIOLOGI

Kinesiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tubuh manusia ketika bergerak. Adapun tujuan mempelajari kinesiologi agar tubuh dapat bergerak secara efektif, efisien, dan terhindar dari cidera (ephie2. kinesiologi. 16 Desember 2009 @ 10:38 am. Ephie2’s Blog. WordPress.com weblog).

Kinesiologi adalah ilmu yang mempelajari tubuh manusia ketika bergerak. Tujuan Kinesiologi adalah efektif, efisien, dan terhindar dari cidera dalam bergerak (leecan02. Kinesiologi. 19 Desember 2009. Leecan02’s Blog. WordPress.com weblog).

Kinesiologi: Ilmu yang mempelajari tentang gerak dalam tubuh manusia (Ulya07’s. Kinesiologi. 13 November 2009. Ulya07’ Blog. WordPerss.com weblog).

Kinesiology adalah ilmu yang mempelajari gerak atau the science human movement yang diaplikasikan dan menjelaskan tentang gerak tubuh manusia, emudian ilmu ini dapat diaplikasikan terhadap prinsip-prinsip mekanik dalam gerak manusia yang disebut biomekanika atau biomekanik kinesiology sedangkan aplikasi anatomi dalam gerak manusia disebut anatomi kinesiology (Sasino. Kinesiologi Olahraga. 6 Desember 2009).

Kinesiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang gerak tubuh manusia (Hermawan di 09:58. 2009. www.Asbisport.org).

Kinesiologi berasal dari kata kines dan logos, kines adalah gerak sedangkan logos berati ilmu, jadi kinesiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang gerak, khususnya gerak pada manusia ( sigitfikuny. Pengertian dan Sejarah Kinesiologi. 4 Desember 2009. @ 4:12 am).

Kinesiologi adalah ilmu yang mempelajari keadaan fisik dan mental manusia. Dari kinesiologi kita tahu bahwa ketika kita berbohong, atau menghadapi kebohongan, bahkan ketika kita berada dalam suatu lingkungan di mana kebohongan sedang terjadi atau di mana kebohongan dibenarkan, otot-otot kita melemah. Khususnya otot-otot lengan dapat dideteksi secara mudah dengan cara tertentu. Otot-otot yang melemah ini kemudian membuat seluruh badan kita melemah. Pun jiwa kita ikut melemah karena ia tidak dapat berfungsi, sebagaimana semestinya; bahkan mengekspresikan diri pun tidak mampu (Bidan Kita. Kinesiologi. Wednesday, 14 Oktober 2009).

Kinesiologi berasal dari kata “kinein”  yang berarti “bergerak” dan “logos”  yang berarti “membicarakan”. Dasarr penkajian atau pembicaraan yang dipakai adalah bahwa tubuh manusia dipandang sebagai mesin yang melakukan suatu pekerjaan dalam sehari-hari. Karenanya pengetahuan tentang mekanika harus dimengerti betul-betul.

Secara garis besar kinesiologi terapan dapat disusun sebagai berikut :

  1. Terapan pada sikap tubuh
  2. Terapan pada gerakan dan penampilan gerak
  3. Terapan pada kesegaran jasmani
  4. Terapan pada keterampilan gerak
  5. Terapan pada penanggulangn cedera (Moerjono. Ilmu Gerak Terapan. 16 September 1978).

Kinetik adalah ilmu gerak (kinetics) Kinesiologia (kinesiology =  the anatomy of movement) adalah ilmu yang mempelajari gerakan secara ilmiah (the scientific study of movement).

Kinesiologia generalis adalah bagian dari kinesiologia yang mempelajari gerak pada umumnya. Dalam melakukan gerakan, maka  acuan yang digunakan adalah sikap anatomik (position anatomica – anatomical position) yaitu suatu sikap atau posisi ketika seseorang:

1. berdiri tegak, kedua lengan di sisi tubuh dengan telapak tangan menghadap ke depan;

2. kaki berdampingan dengan ibu jari menunjuk ke depan; dan

3. pandangan lurus ke depan melalui bidang khayalan.

Berdasarkan sikap anatomik di atas (acuan) ini dapatlah dinyatakan bahwa kinesiology generalis mengenai gerakan-gerakan pada persendian secara umum, seperti (a) gerakan yang paling sederhana berupa gerak menggelincir/menggeser (gliding movement), (b) gerakan yang memperkecil atau memperbesar sudut yang terbentuk di antara tulang/bagian tubuh yang bergerak (angular movement), (c) gerakan rangka/bagian tubuh mengelilingi suatu bentuk kerucut khayalan, puncak kerucut terdapat di tengah-tengah sendi sedangkan alas kerucut dibentuk oleh ujung distal rangka/ bagian tubuh yang digerakkan (circumduction), dan (d) gerakan rangka/bagian tubuh mengelilingi sumbu longitudinal, baik sumbu longitudinal rangka/bagian tubuh yang digerakkan maupun sumbu longitudinal yang berimpit atau sejajar dengannya/rotation (Napitupulu. Jurnal Pendidikan Penabur – No.09/Tahun ke-6/Desember  2007).

About Saifur

Pelajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s