SONGGORITI ADVENTURE 2010 MAHASISWA ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

  1. Latar Belakang

Pada umumnya kelompok pecinta alam mempunyai dua sisi kegiatan yaitu yang bernilai konservasi kelestarian alam dan olahraga alam bebas yang kini sangat digemari oleh masyarakat khususnya pelajar dan mahasiswa baik itu ditingkat lokal maupun nasional bahkan internasional.

Suatu hal yang sangat potensial apabila pelajar sebagai generasi penerus bangsa mencintai dan menggemari kegiatan ini, karena akan menghasilkan sosok generasi penerus bangsa yang tangguh dan sehat fisik, mental dan mempunyai sosok generasi yang peduli terhadap kelestarian alam dan lingkungan hidup.

Seiring dengan perkembangan jaman olah raga alam bebas mempunyai bentuk yang bermacam-macam dan perkembangan- nyapun semakin pesat. Sehingga olah raga ini menjadi polemik diantara penikmat olah raga ini antara lain keterbatasan alam yang sering menjadi faktor penghambat dalam kegiatan ini, akibat perlakuan manusia yang menjadi subyek dalam perubahan daya dukung lingkungan dalam mendukung kegiatan manusia di alam bebas. Sering kali terjadi pertentangan antara misi lingkungan yang diemban dengan kenikmatan tersendiri bagi penikmat olah raga alam bebas ini dalam berkegiatan di alam bebas.

Bertitik tolak pada hal di atas, kami dari organisasi dalam rangka mempererat tali persaudaraan antara mahasiswa ilmu keolahragaan Universitas Negeri Malang akan mengadakan Songgoriti Adventure. Selama ini olah raga alam bebas kurang menjadi perhatian masyarakat secara luas, meskipun di kalangan penikmat olah raga alam bebas (Outdoor sport) menjadi kebanggaan tersendiri bila melakukan salah satu kegiatan tersebut.

  1. Tujuan

1. Membangun jiwa sportifitas dan mempererat tali persaudaraan diantara para peserta.

2. Menanamkan rasa kecintaan terhadap alam / lingkungan.

3. Memberikan gambaran kondisi lingkungan di sekitar kawasan Songgoriti

4. Menjadi media promosi yang efektif bagi sponsorship.

6. Memupuk kepedulian generasi muda pada upaya pelestarian lingkungan

7. Meningkatkan minat olahraga alam bebas, terutama terutama olahraga lintas alam kepada masyarakat.

  1. Nama dan Kegiatan

Kegiatan ini dinamakan Songgoriti Adventure dengan Tema “Jadikan Alam sebagai Alat Pemersatu Menuju Kebugaran Jasmani dan Rohani”

  1. Waktu dan Tempat

Songgority Adventure akan dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2010 di alam wisata Songgoriti.

  1. Bentuk Kegiatan

Setelah pelepasan perdana, kegiatan dilanjutkan dengan menelusuri jalur yang telah didesain oleh panitia dalam kawasan Songgoriti. Jalur dibuat melintasi tempat-tempat dengan pemandangan indah, juga medan yang membuat adrenalin peserta meningkat. Trek dibuat sepanjang + 20 km melintasi perbukitan, melintasi perkampungan, daerah aliran sungai dan perkebuan rakyat. Di atas bukit disuguhi pemandangan yang indah.

Lintas Alam ini dilaksanakan sebagai kompetisi ketahanan fisik peserta dan memfasilitasi penyaluran bakat peserta dalam out door sport. Peseta lintas alam akan menghadapi tantangan pada setiap pos yang akan dijadikan media penilaian bagi panitia untuk menentukan peserta yang akan mendapatkan hadiah tropi dan uang tunai.

Pengumuman pemenang dan pembagian hadiah akan dilaksanakan di akhir perlombaan. Sesi penutupan ini akan diisi oleh hiburan dan pembagian door prize. Selain itu, akan diberikan penghargaan untuk pihak-pihak yang telah membantu terselenggaranya Songgoriti Adventure.

  1. Peserta Kegiatan

Peserta Songgoriti Adventure berasal dari mahasiswa ilmu keolahragaan Universitas Negeri Malang

  1. Ketentuan Umum
  1. Peserta
  2. Jarak Tempuh dan Rute
  3. Syarat Pendaftaran
  4. Pendaftaran
  5. Technical Meeting
  6. Pelaksanaan
  7. Juri
  8. Kriteria Penilaian
  1. Panitia Pelaksana

Penitia pelaksana lomba lintas alam ini adalah seluruh mahasiswa yang kuliah Kebugaran Jasmani dan Panitia yang sudah ditetapkan. Susunan kepanitian (terlampir).

  1. Anggaran Biaya

Sumber dana yang kami harapkan bersumber dari :

  1. Pendaftaran peserta
  2. Sponsorship
  3. Donatur

Adapun anggaran biaya (terlampir)

  1. Penutup

Demikian proposal ini kami susun sebagai gambaran umum pelaksanaan Songgoriti Adventure. Besar harapan kami agar program ini dapat terlaksana dengan baik. Kerjasama dari semua pihak kami harapkan demi terlaksananya kegiatan ini.

Akhir kata dengan segala rendah hati panitia Songgoriti Adventure mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas perhatian dan partisipasinya

About Saifur

Pelajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s