ETIKA LAYANAN MASYARAKAT

Kalau kita lihat memang kurang tepat kalau seseorang yang kaya raya memberi bantuan hanya berupa uang saja secara terus manerus, karena hal itu hanya akan membuat orang yang diberi bantuan tersebut memiliki sifat ketergantungan kepada orang yang memberikan bantuan dan hal ini akan membuat mereka menjadi pemalas.Yang lebih baik dilakukan berkaitan dengan hal itu, yaitu berupa membuka lapangan pekerjaan untuk memajukan taraf hidup mereka, yang sekaligus secara tidak langsung telah meningkatkan perekonomian mereka.

Dilihat dari segi orang yang meminta bantuan, seharusnya yang mereka lakukan adalah belajar dan mengembangkan bakat yang dimilikinya, sehingga potensi yang ada pada diri mereka benar-benar dapat diaplikasikan dengan bisa memanfaatkan peluang yang ada, misalkan sekedar untuk mencoba mulai usaha kecil – kecilan, usaha komputer, jualan bakso atau gorengan, membuka konveksi atau sablon dan masih banyak kegiatan yang bisa dilakukan sesuai kemampuan yang dimiliki, selain harus meminta bantuan kepada orang lain.Walaupun hanya sekedaritu (usaha kecil-kecilan) yang bisa dilakukan, namun hal itu bisa meningkatkan kualitas SDM yang dimiliki, dan pada akhirnya akan berdampak pada kemajuan masa depan Bangsa dan Negara tercinta ini.

Dengan demikian bantuan berupa pemberian modal usaha tidak hanya lewat begitu saja tanpa nilai tambah, tanpa manfaat yang lebih nyata yaitu mengurangi tingkat kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja baru. Yang tidak kalah penting Pendermawan tidak hanya memberi IKAN tetapi selain memberi IKAN, juga  Memberi PANCING dan memberi JALA, sekaligus memberi akses ke sumbernya. Sehingga cita-cita dalam UUD 45 dan Pancasila yaitu terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia segera tercipta. Rakyat akan menjadi mandiri dan berperan aktif dalam mengisi kemerdekaan dengan pembangunan yang terencana dan terintegrasi dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Ekonomi kerakyatan yang kuat bukan hanya ide atau gagasan, tetapi terealisasi secara membumi di negeri Indonesia tercinta ini.

About Saifur

Pelajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s