Push up adalah suatu jenis senam kekuatan yang berfungsi untuk menguatkan otot bisep maupun trisep. Posisi awal tidur tengkurap dengan tangan di sisi kanan kiri badan. Kemudian badan didorong ke atas dengan kekuatan tangan. Posisi kaki dan badan tetap lurus atau tegap. Setelah itu, badan diturunkan dengan tetap menjaga kondisi badan dan kaki tetap lurus. Badan turun tanpa menyentuh lantai atau tanah. Naik lagi dan dilakukan secara berulang.

Kegiatan ini dapat dikombinasikan dengan:

  1. mengubah jarak telapak tangan
  2. bentuk tangan yang menyentuh lantai: membuka, mengepal, menggunakan jari, atau punggung tangan
  3. mengubah jarak antar kaki
  4. mengubah ketinggian letak kaki: dengan menggunakan kursi atau kaki yang satu ditindihkan ke kaki yang lain (http://id.wikipedia.org/wiki/Push-up, 2009).

Perhatikan posisi tangan untuk push up, latihan push up yang tepat adalah menggunakan jarak antar telapak tangan yang lebih lebar dari bahu. Ketika tangan mulai berpindah dari jarak yang lebih lebar dari bahu ke jarak yang lebih sempit dari bahu, maka tekanan akan berpindah lebih banyak ke otot triseps. Karena itu kesalahan dalam melakukan gerakan push up seringkali menunjukkan bahwa otot dada tidak berkembang tetapi malah otot triseps yang membesar (BugarShop Contact Us Forum Links, 2009).

Push-up merupakan salah satu latihan untuk meningkatkan power otot- otot lengan. Chu (1996 : 88) mengemukakan cara pelaksanaan latihan push-up adalah : “latihan ini dilakukan dengan posisi push-up (telungkup), lengan dipanjangkan, tangan bertepuk pada waktu berada di atas, dan kembali pada posisi awal” .

About Saifur

Pelajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s