Manfaat Olahraga Jalan Kaki Terhadap Kesehatan Tubuh
Olahraga jalan kaki yang merupakan olahraga wajib jantung sehat semakin banyak diminati tidak hanya di kota-kota besar, dan kota-kota kecilpun akan kelihatan hal yang serupa, bahkan sampai ke desa-desa. Orang tua maupun muda, pria maupun wanita, tiap pagi kalau tak hujan, bisa kita lihat bersama menyelusuri jalan-jalan sekitarnya.

Jenis olahraga ini memang tidak perlu diragukan manfaatnya jika dikaitkan dengan anjuran pemerintah untuk “Memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat”, mungkin olahraga inilah yang paling sesuai bagi kesehatan. Untuk mendorong agar anda lebih serius lagi berlatih olahraga jalan kaki ini, kami mengungkapkan sebagian dari keuntungan dan manfaat yang diperoleh:

Pertama, Setelah kita berlatih olahraga jalan kaki ini secara bertahap, teratur, dan cukup lama, maka   jumlah dan besarnya pembuluh-pembuluh darah kita menjadi lebih efisien.

Kedua, Olahraga ini akan menaikkan elastisitas pembuluh-pembuluh darah, hingga dapat mengurangi kemungkinan pecahnya pembuluh-pembuluh itu jika tekanan darah naik.

Ketiga, Dengan melakukan olahraga ini secara teratur, otot-otot dan peredaran darah kita akan lebih sempurna mengambil, mengedarkan, dan menggunakan oksigen.

Keempat, Jantung kita akan mendapat keuntungan karena juga bekerja lebih efisien, yaitu memompa darah lebih banyak dengan denyutan lebih jarang, serta akan lebih tahan terhadap kemungkinan serangan penyakit jantung.

Kadar Lemak
Dengan menjalankan olahraga ini, keuntungan kelima yang akan kita peroleh adalah bertambah kuatnya ketahanan kita terhadap stress. Ini akan membuat hidup kita lebih nikmat karena stres pasti muncul dalam kehidupan rutin manusia, dan akan lebih terasa pedihnya jika jasmani kita tidak aktif dan produktif.

Kelima, gerak jalan dapat menurunkan kadar lemak dalam darah, misalnya kolesterol dan trigliserida, sehingga bahaya pengendapan lemak pada dinding pembuluh darah dapat dikurangi.

Keenam, olahraga ini juga mengurangi terjadinya penggumpalan darah, sehingga kemungkinan tersumbatnya pembuluh-pembuluh darah yang menuju otot jantung akan berkurang.

Ketujuh, kadar gula darah juga akan turun sehingga mengurangi kemungkinan perubahan gula darah menjadi trigliserida atau lemak.

Kedelapan, gerak jalan dapat mengurangi kegemukan dan tekanan darah tinggi.

About Saifur

Pelajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s