Berbicara tentang shalat, tentunya kata ini sudah tidak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari, karena hampir setiap hari kata-kata ini sering kita dengar bahkan kita ucapkan, namun yang menjadi asing bagi semuanya pada hari ini adalah “sudahkah kita melakukan shalat ?”.

Pertanyaan itu menjadi sebuah dilema kehidupan sekarang yang penuh dengan kesibukan-kesibukan untuk tetap berdiri tegak menyongsong masa depan. Yang menjadi refleksi bagi kita sekarang adalah semua yang kita sibukkan itu terkadang tidak semuanya berdampak positif bagi tubuh kita , bahkan merugikan kesehatan tubuh yang kita cintai ini, “seolah-olah” aktifitas yang menyehatkan akan tetapi justru merugikan. Pekerjaan kantor dari pagi hingga malam, tugas kuliah yang lumayan membuat kita termakan oleh waktu, hingga bermain dengan kecanggihan-kecanggihan yang ada di media mutakhir sekarang hingga tak ada ruang untuk sesekali mengingat Tuhan . Hal yang telah kita lupakan adalah sesuatu yang telah Tuhan berikan untuk kita, terkadang tidak kita hiraukan. Semuanya berbicara kerja, kerja, dan kerja untuk mencapai hidup maksimal, hingga terlupakan sebuah kata yang sebenarnya menjadi kebutuhan utama dalam hidup ini, istilah ini kita kenal dengan kata istirahat.

Kalau kita cermati bersama begitu besar karunia Sang Maha Pencipta, ditengah-tengah kesibukan, kita masih diperingatkan untuk mengistirahatkan diri dan kembali mengingat ke-EsaanNYA, Tuhan telah memberikan waktu yang tepat untuk mengistirahatkan tubuh kita, namun kita telah lalai dalam melakukan perintah itu, sehingga benar adanya, penyakit-penyakit telah banyak melanda akibat tubuh yang terlalu diforsir tanpa adanya recovery yang baik.

Bercermin dari itu, mari sekarang kita buka tabir tentang manfaat gerakan-gerakan dalam shalat (yang terkadang kita lalaikan itu), jika ditinjau dari segi kesehatan. Sehingga tidak lagi kita pandang sebelah mata hakekat sebenarnya manfaat dari mengerjakan aktifitas shalat.

Gerakan shalat adalah suatu aktifitas yang mencakup secara keseluruhan pergerakan otot-otot yang ada di tubuh. Gerakan streaching aktif dan pasif yang kita kenal dalam istilah olahraga tercakup didalamnya. Hal itu bisa memberikan kebugaran pada tubuh kita serta bisa mencegah timbulnya penyakit akibat kurangnya gerak.

Berdiri tegak lurus pada shalat melatih keseimbangan pada tubuh dan meluruskan tulang belakang, sehingga pengiriman implus-implus syaraf menjadi lancar. Ayunan lengan ke atas pada saat takbiratul ihram akan melatih otot bicep dan tricep serta memberikan ruang bagi paru-paru untuk mengambil oksigen lebih banyak. Saat mengangkat kedua tangan otot bahu merenggang sehingga aliran darah kaya akan oksigen menjadi lancar. Dan pada saat kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.

Rukuk dapat memberikan manfaat antara lain dapat merawat kelenturan tulang belakang yang berisi sumsum tulang belakang (sebagai syaraf sentral manusia) beserta aliran darahnya, memelihara kelenturan tuas sistem keringat yang terdapat di pungggung, pinggang, paha dan betis belakang. Pada tulang leher dan tengkuk terdapat saluran syaraf yang menyimpan memori sehingga dengan posisi rukuk ini fungsi memori dapat terjaga. Saat rukuk posisi jantung dan otak sejajar, sehingga aliran darah menuju otak lebih lancar. Pada saat berdiri dari rukuk dengan mengangkat tangan, darah dari kepala akan turun ke bawah, sehingga bagian pangkal otak yang mengatur keseimbangan berkurang tekanan darahnya. Hal ini dapat menjaga syaraf keseimbangan tubuh dan berguna mencegah pingsan secara tiba-tiba.

Ketika berdiri dan akan melakukan sujud merupakan latihan pencernaan yang baik, organ-organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Efeknya pencernaan menjadi lebih lancar.

Pada posisi menungging saat melakukan gerakan sujud dengan meletakan kedua tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi pada lantai, manfaatnya aliran getah bening dipompa kebagian leher dan ketiak. Aliran darah menuju mata lancar, dan tidak hawatir pembuluh darah mata menjadi pecah. Posisi jantung diatas otak menyebabkan darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Gerakan itu juga dapat menghindarkan gangguan wasir. Bagi wanita, sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ wanita, juga memudahkan proses pada saat melahirkan.

Gerakan tasyahud awal menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian rileks kembali. Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita. Pada saat tasyahud akhir tumit kaki kiri menekan area di sekitar kelamin karena adanya tekanan lembut yang menyebabkan: Pada pria mampu mencegah impotensi, dan pada wanita akan memperbaiki organ reproduksi di daerah perineum.

Gerakan terakhir dalam shalat yakni gerakan salam (gerakan memutar kepala ke kanan dan kekiri) secara maksimal, bermanfaat dalam relaksasi otot sekitar leher dan kepala, menyempurnakan aliran darah dikepala, gerakan ini mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah. Pada leher, terdapat arteri karotis interna yang merupakan pembuluh darah utama menuju otak, dengan meregangnya otot dan pembeluh darah pada leher aliran darah menuju otak semain lancar.

Begitu besar manfaat shalat bagi kesehatan kita, sehingga betapa merugi orang-orang yang telah melalaikan perintah Tuhan ini, semua gerakan-gerakannya bermakna untuk kelangsungan hidup kita. Sehingga tidak ada alasan lagi bagi kita untuk meninggalkannya. Namun hal yang perlu di tekankan disini adalah dalam mengerjakan gerakan-gerakan tadi tentunya harus sesuai dengan kaidah-kaidah gerakan shalat yang tepat.

Penulis: Mohammad Saifur Romadhan, Mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan FIK UM.

About Saifur

Pelajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s