• Fisiologi: Merupakan ilmu yang mempelajari fungsi organisme tubuh secara keseluruhan dan bagian-bagiannya. Fisiologi Olahraga: merupakan bagian dari fisiologi yang khusus mempelajari  perubahan fungsi yang disebabkan oleh latihan fisik.
  • Biomekanika didefinisikan sebagai bidang ilmu aplikasi mekanika pada sistem biologi. Ilmu ini kombinasi antara disiplin ilmu mekanika terapan dan ilmu biologi dan fisiologi. Biomekanika memberi sumbangan terhadap pelaksanaan gerak agar dapat berlangsung secara efektif dan efisien.
  • Pedagogi merupakan ilmu dalam menjadi seorang guru. Pedagogi Olahraga merupakan salah satu dimensi disiplin ilmu keolahragaan yang berpotensi untuk mengintegrasikan subdisiplin ilmu keolahragaan dengan disiplin ilmu paedagogi, untuk melandasi semua praktik dalam bidang olahraga yang mengandung maksud dan tujuan untuk mendidik.
  • Psikologi merupakan ilmu pengetahuan mengenai jiwa yang diperoleh secara sistematis dengan metode ilmiah. Psikologi olahraga merupakan ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam situasi olahraga.
  • Sejarah merupakan kajian sistematis dari masa lampau. Sejarah Olahraga dipahami sebagai penerapan ilmu sejarah dalam konteks ilmu keolahragaan sebagai obyek kajian.
  • Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari masyarakat dan proses-proses sosial yang terjadi di dalamnya. Sosiologi Olahraga: berkaitan dengan perilaku individual maupun perilaku kelompok dalam situasi olahraga.

About Saifur

Pelajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s