Dalam ensiklopedia  indonesia disebutkan bahwa olahraga merupakan gerak badan yang dilakukan oleh satu orang atau lebih. Dalam pola pembangunan olahraga yang di susun Kantor Menpora disebutkan bahwa olahraga adalah bentuk-bentuk kegiatan jasmani yang terdapat dalam permainan, perlombaan, dan kegiatan jasmani yang intensif dalam rangka memperoleh rekreasi, kemenangan, dan prestasi optimal (Menpora 1984).

  1. Karakteristik Play
  1. Bebas, sukarela, dan tanpa paksaan dalam berpartisipasi.
  2. Aktivitas bermain terpisah dari pembatasan ruang dan waktu
  3. Hasil dari aktivitas bermain  adalah sesuatu yang tidak diketahui atau direncanakan
  4. Aktivitas murni bermain tidak produktif, tidak menghasilkan nilai yang permanen.
  5. Peraturan bermain bergantung pada kondisi, tunduk pada kesepakatan situasional.
  6. Kualitas bermain merupakan bagian dari kehidupan nyata.

Games merupakan bagian dari play, semua games merupakan bentuk dan play, games memiliki semua karakteristik play, akan tetapi semua itu diatur dalam peraturan yang sengaja dibuat dan harus di taati bersama.

  1. Karakteristik Games
  1. Ada kompetisi
  2. Hasil di tentukan oleh penampilan fisik, strategi, atau kesempatan.

Sedangkan sport (olahraga) merupakan bagian dari permainan pertandingan, perbedaannya terletak pada prasyarat tingkat kecakapan, dan olahraga merupakan permainan pertandingan yang sudah dilembagakan dalam masyarakat  seperti halnya pendidikan, agama, dan pemerintahan. Ruang lingkup play, games, dan olahraga (sport).

  1. Karakteristik Sport
  1. Permainan yang dikembangkan mempertunjukkan keterampilan aturan ketat.

Dalam pendidikan jasmani  mempunyai dua unsur bermain dan olahraga, tetapi tidak semata-mata hanya bermain dan olahraga saja melainkan kombinasi keduannya. Dengan nama pedidikan jasmani aktivitas fisik berorientasi  pada tujuan pendidikan, yaitu mencoba melakukan kegiatan mendidik melalui aktivitas fisik.

Webster  New Collegiate Dictionary (1980) menyatakan bahwa pendidikan jasmani adalah pembelajaran yang memberi perhatian pada pengembangan fisik mulai dari latihan kalestenik, latihan untuk kesehatan, senam serta  olahraga pertandingan. Ensiklopedi indonesia menyebutkan pendidikan jasmani adalah olahraga yang dilakukan tidak semata-mata untuk mencapai suatu prestasi, terutama dilakukan di sekolah-sekolah, terdiri atas latihan-latihan tanpa alat dan dengan alat, dilakukan di dalam ruangan dan di lapangan terbuka.

About Saifur

Pelajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s