Foto0469Pedagogi adalah ilmu atau seni dalam menjadi seorang guru. Istilah ini merujuk pada strategi pembelajaran atau gaya pembelajaran. Kata pedagogi berasal dari Bahasa Yunani kuno paidagōgeō; dari país: anak dan ági; membimbing, secara literal berarti “membimbing anak”. Pada Yunani kuno, kata paidagōgeō biasanya diterapkan pada budak yang mengawasi pendidikan anak tuannya. Termasuk di dalamnya mengantarnya ke sekolah atau tempat latihan, mengasuhnya, dan membawakan perbekalannya, seperti alat musik dan lain sebagainya (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, 2011).

Apabila diilihat dari segi istilah, (Yusuf, 2009) menyatakan bahwa pedagogik sendiri yaitu paedos (anak) dan agogos (mengantar, membimbing, memimpin). Dari dua istilah itu maka  timbul istilah baru yaitu paedagogos dan pedagog, keduanya memiliki pengertian yang hampir serupa, yaitu sebutan untuk pelayan pada zaman Yunani kuno yang mengantarkan atau membimbing anak dari rumah ke sekolah setelah sampai di sekolah anak dilepas, dalam pengertian pedagog intinya adalah mengantarkan anak menuju pada kedewasaan.

Istilah lainnya yaitu Paedagogia yang berarti pergaulan dengan anak, Pedagogi yang merupakan praktek pendidikan anak dan kemudian muncul istilah Pedagogik yang berarti ilmu mendidik anak. Kadang sebagian orang mengartikan bahwa pedagogik merupakan ilmu pendidikan, pemaknaan ini tidak berarti salah namun juga tidak sepenuhnya benar, mengapa? Karena jika ditinjau dari makna pendidikan secara luas maka pendidikan adalah hidup. Lebih tepatnya segala pengalaman di berbagai lingkungan yang berlangsung sepanjang hayat dan berpengaruh positif bagi perkembangan individu. Dari pengertian itu maka bisa dipahami ada beberapa tingkatan dalam pendidikan, sehingga menimbulkan cabang ilmu pendidikan yang dikembangkan para ahli yaitu pendidikan pada anak yang disebut Pedagogik, ilmu pendidikan bagi orang dewasa yang disebut Andragogi serta pendidikan bagi ilmu pendidikan manula yang disebut Gerogogi (Yusuf, 2009).

Definisi lain dari pedagogi yaitu, secara literal berati: seni dan ilmu pengetahuan tentang mendidik anak-anak dan sering digunakan sebagai sebuah sinonim untuk suatu pengajaran. Secara lebih tepatnya, pedagogi mewujudkan pendidikan yang berfokuskan guru. Dalam suatu model pedagogi, guru memikul tanggungjawab untuk membuat keputusan tentang apa yang akan dipelajari, dan bagaimana ia akan dipelajari, dan kapan ia akan dipelajari. Guru mengarahkan pembelajaran (Opungregar. 2008).

Pedagogi= pendidikan, paedagoog (Belanda)= pendidik atau ahli didik. Pedagogik= ilmu mendidik atau ilmu pendidikan, ilmu pengetahuan yang menyelidiki, merenungkan tentang gejala-gejala perbuatan mendidik (Abduljabar, 2011).

Dari beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa pedagogi adalah bidang ilmu pengetahuan dalam mendidik, menyelidiki, merenungkan gejala-gejala perbuatan sehingga mengantarkan anak menuju pada kedewasaan melalui pemberian pengetahuan-pengetahuan.

Adapun definisi olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga secara rohani (Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, 2011).

Menurut Dewan Internasional dari Olahraga dan Pendidikan Jasmani, olahraga adalah aktivitas jasmani apapun yang memiliki ciri permainan dan ada unsur satu perjuangan dengan diri sendiri, atau dengan orang lain atau satu tangtangan alam.  Dan apabila aktivitas ini berunsur kompetisi maka selalu harus dilaksanakan dengan semangat sportivitas (Abdullah dan Manadji, 1994).

Gafur (1983) dalam bukunya mengartikan olahraga adalah bentuk-bentuk kegiatan jasmani yang terdapat dalam permainan, perlombaan dan kegiatan jasmani yang intensif dalam rangka memperoleh rekreasi, kemenangan dan prestasi yang optimal.

Arti olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga rohani, dan bertujuan untuk mencapai prestasi yang setinggi-tingginya (Kurniawan, 2010).

Jadi olahraga dapat diartikan sebagai bentuk-bentuk kegiatan jasmani dan rohani yang dilakukan secara sistematis dan intensif dalam melatih tubuh seseorang.

Sehingga dapat diartikan bahwa pedagogi olahraga (sport pedagogy) adalah sebuah disiplin ilmu keolahragaan yang berpotensi untuk mengintegrasikan subdisiplin ilmu keolahragaan lainnya untuk melandasi semua praktik dalam bidang keolahragaan yang mengandung maksud dan tujuan untuk mendidik (Kahri, 2007).

About Saifur

Pelajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s